Info Blogger
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

4 Wisata Alam Pegunungan di Soloraya

4 Wisata Alam Pegunungan di Soloraya

Loading...
Meskipun belum sepopuler daerah lainnya sebenarnya wilayah Soloraya memiliki cukup banyak wisata alam pegunungan yang tidak kalah cantik. Wilayah Soloraya yang terdiri dari Surakarta atau Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali, Klaten, Wonogiri dan Sragen beberapa diantaranya berada di daerah pegunungan. Yang paling besar adalah Karanganyar yang berada di kaki Gunung Lawu dan Boyolali di kaki Gunung Merapi serta Gunung Merbabu.

Wisata Alam

Tetapi tidak menutup kemungkinan juga diluar wilayah kedua kabupaten tersebut juga memiliki wisata pegunungan yang menarik untuk dikunjungi. Perubahan gaya hidup manusia zaman sekarang yang menjadikan traveling dan rekreasi sebagai kebutuhan adalah prospek bagus untuk mengembangkan pariwisata daerah. Babak belur mania mungkin merasa bosan piknik ke tempat yang itu-itu saja sehingga membutuhkan destinasi yang baru.

Mengapa tidak mencoba untuk mengunjungi destinasi wisata alam pegunungan yang berada di wilayah Soloraya tersebut. Sebagai referensi babak belur mania bisa menyimaknya di bawah ini.

4 Destinasi Wisata Pegunungan di Soloraya

Gancik Hill, Selo, Boyolali
Bukit Gancik yang berada di kaki Gunung Merapi yang terkenal itu bisa menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi. Gancik Hill adalah nama lain dari tempat tersebut dimana dari sana babak belur mania bisa melihat keindahan puncak Merapi yang indah. Sepanjang jalan menuju Bukit Gancik babak belur mania akan melihat tanaman sayur mayur yang segar.

Dari atas menara pandang yang dibangun di area Bukit Gancik ini babak belur mania bisa menyaksikan kegagahan salah satu gunung teraktif di dunia tersebut. Bahkan jika babak belur mania beruntung datang saat cuaca sedang cerah dan tidak ada kabut akan bisa melihat kota Surakarta beserta ikonnya yaitu Sungai Bengawan Solo dari tempat tersebut.

Lembah Gunung Madu, Boyolali
Sebenarnya wisata alam pegunungan Gunung Madu ini termasuk masih baru dan belum banyak yang mengetahuinya. Berada di wilayah utara Kabupaten Boyolali tepatnya di Kecamatan Simo, tempat rekreasi ini berkonsep sedikit modern. Lembah yang sejuk tersebut awalnya adalah gua-gua peninggalan Jepang kemudian dibiarkan tidak terawat.

Sekarang tempat ini sudah disulap menjadi tempat wisata alam yang cantik dan cocok dikunjungi bersama keluarga. Banyak spot foto menarik di tempat tersebut serta dilengkapi dengan saung-saung di sekitarnya. Anak-anak akan menyukai taman yang ada di tempat tersebut dan bangunan modern yang membuatnya seperti berada di negeri dongeng.

Batu Seribu, Kabupaten Sukoharjo
Meskipun secara geografis Kabupaten Sukoharjo tidak dikenal dengan wilayah pegunungan namun bukan berarti tidak ada wisata alam serupa disana. Babak belur mania bisa datang ke kawasan wisata alam pegunungan Batu Seribu yang berada di Kecamatan Bulu, Sukoharjo.

Wilayahnya ada di selatan kabupaten tersebut yang berbatasan dengan wilayah DIY. Kesejukan air terjun dari Gunung Gajah Mungkur akan membuat pengunjung merasa betah. Babak belur mania juga bisa merasakan kesegaran mandi menggunakan air bumi yang masih murni di tempat tersebut.

Air Terjun Grojokan Sewu, Kabupaten Karanganyar
Kalau disebutkan Grojokan Sewu mungkin masih banyak babak belur mania yang merasa kebingungan. Tetapi kalau disebutkan Tawangmangu mungkin babak belur mania sudah tidak asing lagi mendengarnya. Destinasi wisata alam pegunungan di kaki Gunung Lawu tersebut selalu ramai pengunjung setiap musim liburan seperti saat Idul Fitri.

Tujuan utamanya memang melihat air terjun yang ada di sana, di samping itu babak belur mania bisa membeli aneka sayur mayur di pasar yang tidak jauh dari kawasan wisata tersebut dengan harga yang murah. Oleh-oleh keripik sayur seperti seledri juga siap menjamu pengunjung.

Tags

Newsletter Signup

Subscribe our newsletter to receive the latest news and exclusive offers every week. No spam.