Info Blogger
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Pasca Operasi

4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Pasca Operasi

Loading...

Ikuti 4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Pasca Operasi

Operasi adalah tindakan pembedahan yang dilakukan oleh medis untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu yang dialami seseorang. Setelah menjalani operasi biasanya kondisi tubuh belum bisa langsung pulih sepenuhnya sehingga perlu dilakukan perawatan. Babak belur mania bisa mengikuti tips menjaga kesehatan tubuh pasca menjalani operasi bedah agar kondisi cepat membaik. Dengan begitu bisa kembali beraktivitas sebagaimana biasanya.

Kesehatan Tubuh Pasca Operasi

Orang yang telah menjalani tindakan bedah atau operasi membutuhkan waktu untuk recovery atau pemulihan. Untuk membantu mempercepat proses pemulihan tersebut harus disertai tindakan yang tepat. Jangan sampai apa yang dilakukan justru akan semakin memperparah kondisi seseorang tersebut. Sebelumnya babak belur mania bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani pasien bedah tersebut.

Apa saja sih yang termasuk dalam tips menjaga kesehatan tubuh setelah operasi agar proses pemulihan bisa lebih cepat.

Cara Menjaga Kesahatan Pasca Operasi

Jangan Banyak Bergerak

Tindakan pembedahan yang dilakukan saat operasi otomatis meninggalkan bekas luka jahitan pada tubuh. Karena itulah mereka yang baru saja menjalani operasi sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan gerakan terlebih dahulu agar jahitan tetap aman. Kalau sampai terjadi masalah pada jahitan bekas operasi bisa saja menyebabkan infeksi yang akan menjadi gangguan serius.

Cukup Tidur

Tips menjaga kesehatan tubuh pasca operasi yang selanjutnya adalah tidurlah dengan durasi yang cukup. Dengan tidur seluruh energi dan stamina tubuh akan kembali pulih sehingga akan mempercepat proses pemulihan. Tubuh yang lelah akan lebih lama menyembuhkan dirinya. Disarankan untuk tidur setidaknya 7 jam di malam hari dan ditambahkan dengan 1 jam tidur siang.

Makan Sehat

Kondisi tubuh sangat dipengaruhi oleh asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu sangat penting bagi babak belur mania yang baru saja menjalani operasi pembedahan mengkonsumsi makanan yang sehat agar segera pulih dan bisa kembali beraktivitas.

Contoh menu makanan yang bagus untuk para pasien yang selesai operasi adalah makanan kaya serat seperti sayur dan buah, makanan tinggi protein yang akan membentuk jaringan sel yang baru dan sumber lemak yang sehat yaitu yang berasal dari kacang-kacangan atau minyak zaitun. Lemak berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Menu makanan lainnya yang termasuk dalam tips menjaga kesehatan tubuh usai operasi adalah makanan dengan antioksidan yang bisa didapatkan dari makanan kaya vitamin C. Contohnya seperti jeruk, brokoli, bayam atau teh hijau. Pastikan semua makanan tersebut mudah untuk dicerna.

Menu makanan lainnya adalah sumber mineral seperti telur, kacang-kacangan dan makanan yang berasal dari laut. Mineral berperan dalam memperkuat otot. Terakhir jangan lupa asupan cairan yang cukup dengan minum sebanyak 8 gelas sehari atau konsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka.

Jangan Lewatkan Jadwal Kontrol

Setiap pasien bedah pasti akan memiliki jadwal kontrol ke dokter hingga dirasa sudah pulih secara medis. Tidak pernah absen dalam jadwal kontrol dengan dokter juga merupakan bagian dari tips menjaga kesehatan tubuh usai operasi bedah. Selain kontrol dalam kesempatan bertemu dokter tersebut babak belur mania juga bisa sekalian melakukan konsultasi jika dirasa ada yang gangguan pada bekas operasi.

Dengan sering melakukan kontrol serta konsultasi tersebut dokter akan lebih mudah melakukan pemantauan pada perkembangan kondisi tubuh setelah operasi. Sehingga jika memang ada sesuatu yang berpotensi menjadi gangguan pada tubuh akibat dari tindakan bedah tersebut bisa segera dilakukan tindakan pencegahan.

Tags

Newsletter Signup

Subscribe our newsletter to receive the latest news and exclusive offers every week. No spam.