Info Blogger
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

Tips Kesehatan Mata Orang Dewasa Era Digital

Tips Kesehatan Mata Orang Dewasa Era Digital

Loading...

10 Tips Kesehatan Mata Orang Dewasa di Era Digital

Tips kesehatan mata orang dewasa ini patut disimak khusus untuk Babak belur mania yang bekerja menghadap komputer. Era digital memang mendatangkan banyak manfaat. Namun terkadang menimbulkan masalah serius seperti kesehatan.

Tips Kesehatan Mata

Terlalu sering memandang layar komputer atau gadget bisa menimbulkan masalah pada mata. Oleh karena itu Babak belur mania harus bijak dan mengerti kapan mata perlu diistirahatkan. Nah, berikut ini tips untuk menjaga kesehatan mata orang dewasa di era digital.

Tips Kesehatan Mata Orang Dewasa di Era Digital

1. Istirahat Barang Sejenak
Istirahat yang cukup juga sangat ampuh menjaga agar mata tetap sehat. Seperti anggota tubuh yang lain, mata juga akan mengalami kelelahan jika digunakan terus menerus tanpa rehat barang sejenak.
Agar mata tetap fit seharian, maka bisa menerapkan aturan 20-20. Maksud aturan ini adalah, istirahat selama 20 detik setiap 20 menit menghadap layar komputer. Hal ini sangat penting untuk menjaga mata agar tidak terforsir yang akan mengganggu pekerjaan. Selain itu patut diketahui, bahwa radiasi yang dipancarkan layar komputer sangat membahayakan mata.

2. Mengubah Lingkungan Kerja
Tips kesehatan mata orang dewasa di era digital berikutnya adalah mengubah lingkungan kerja. Tata letak lingkungan kerja sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Misalnya saja jarak mata dengan komputer harus ideal, tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh. Kalau terlalu dekat mata akan terkena radiasi lebih banyak, sedangkan jika terlalu jauh mata kadang harus menyipit agar jelas.

Jika harus membaca dokumen dalam waktu yang lama di komputer maka bisa mengganti peraturan ke skema pencahayaan reflektif. Ini merupakan cara yang tepat agar mata tidak lelah ataupun tegang. Mata yang berfungsi sempurna tentu akan membantu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Kenyamanan dalam duduk juga harus Babak belur mania perhatikan. Pastikan posisi kursi ideal dengan meja yang ada komputernya. Kalau bisa kursi tersebut harus memiliki sandaran yang empuk agar tidak sering menyesuaikan posisi. Jika posisi duduk nyaman, maka tingkat stres pada mata juga akan berkurang karena sudut pandang yang ideal sudah didapatkan.

Terakhir intensitas cahaya di lingkungan kerja juga harus diatur sebaik mungkin. Pastikan cahaya yang masuk ke ruang kerja tidak berlebihan. Karena cahaya yang berlebihan dapat membuat mata iritasi dan tegang. Nah cahaya bisa diatur dengan menyesuaikan gorden. Selain itu diusahakan tidak duduk menghadap atau membelakangi jendela.

3. Gunakan Aplikasi Pendukung
Khusus untuk gadget bisa menggunakan aplikasi pendukung agar kesehatan mata tetap terlindungi. Banyak aplikasi untuk smartphone dan tablet yang akan melindungi kesehatan mata misalnya saja Eye Reader. Aplikasi tersebut tersedia untuk iOS dan Android dan bisa diunduh di Store masing-masing.

Aplikasi Eye Reader berguna untuk menerangi halaman sekaligus mampu memperbesar teks hingga 5 kali ukuran normal. Selain aplikasi Eye Reader ada pula Vision Test. Aplikasi bisa dimanfaatkan untuk mengukur jarak penglihatan, persepsi visual hingga ketepatan warna.

4. Konsultasi dengan Dokter
Tips kesehatan mata orang dewasa di era digital berikutnya adalah konsultasi dengan dokter. Konsultasi harus dilakukan secara teratur jika merasa ada yang salah dengan mata. Ini juga untuk memastikan bahwa kesehatan mata baik-baik saja.

Konsultasi dengan dokter secara teratur juga penting lebih-lebih jika ada risiko terkena gangguan mata akibat genetik. Jika kasusnya seperti itu, maka penanganan juga bisa langsung diberikan agar tidak membuatnya lebih parah.

5. Atur Posisi Duduk
Tips kesehatan mata orang dewasa di era digital berikutnya adalah pastikan posisi duduk tepat. Posisi duduk di depan layar sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Usahakan posisi duduk sejauh 20 sentimeter dari layar komputer.

Ini adalah jarak duduk yang ideal agar penglihatan tetap nyaman meski seharian berada di depan layar komputer. Posisi duduk yang tepat juga mengurangi potensi sakit kepala/pusing. Yang lebih penting, Babak belur mania tidak akan mengalami sindrom penglihatan komputer yang berefek negatif.

6. Berikan Pelindung Layar
Tips menjaga mata orang dewasa tetap sehat di era digital adalah dengan memberikan pelindung pada layar. Pelindung layar komputer sangat penting karena dapat meminimalisir cahaya matahari dan lampu yang memantul di layar. Tanpa pelindung layar, maka cahaya tersebut dapat membuat mata iritasi yang akan mengganggu pekerjaan.

Selain itu tingkat kecerahan pada layar komputer dan gadget juga harus dikurangi. Intinya harus ideal, tidak terlalu redup dan tidak terlalu cerah yang akan membuat mata silau dan perih.

7. Perbesar Teks
Harus dipahami bahwa mata akan bekerja lebih keras ketika membaca tulisan di layar komputer ataupun gadget. Itu karena tulisan di layar tersebut berbentuk piksel yang buram di tepinya. Hal ini tentu akan membuat mata lelah dan tegang. Jadi usahakan untuk BabaKBeluR Mania memperbesar ukuran teks di layar agar mata tetap rileks. Minimal ukuran teks yang ideal adalah 3 kali perbesaran.

8. Kondisikan Mata Tetap Berair
Tips kesehatan mata orang dewasa di era digital yang Babak belur mania bisa coba berikutnya yakni selalu mengondisikan mata tetap berair. Mata yang sering digunakan untuk menatap layar komputer rawan mengalami kekeringan air mata. Jika itu terjadi bisa mengoleskan tetes mata setiap 2-3 jam agar mata tetap berair. Mata yang kering rawan memicu iritasi.

Menjaga kelembapan mata juga bisa dilakukan dengan membuka dan memejamkan mata masing-masing selama 2 detik. Lakukan latihan ini setiap satu jam agar mata tetap lembab dan tidak kering.

9. Ubah Pola Makan
Tips kesehatan mata orang dewasa di era digital tentu juga erat berkaitan dengan  menjaga pola makan. Kalau masih sering menerapkan pola makan yang tidak sehat apalagi junkfood, sekarang harus dirubah. Pola makan yang dimiliki seseorang sangat berpengaruh terhadap tingkat kesehatan orang tersebut.

Banyak nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan mata. Misalnya saja makanan organik seperti minyak ikan, telur, brokoli, buah dan sayuran. Sumber makanan tersebut banyak mengandung zat antioksidan yang ampuh mencegah kerusakan pada mata. Jadi bagi Babak belur mania yang kerjanya harus menghadap komputer bisa mencoba menu sehat di atas.

10. Konsumsi Bayam Lebih Sering
Tips kesehatan mata orang dewasa di era digital terakhir adalah dengan rajin mengonsumsi bayam. Bayam memang mengandung nutrisi ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Nutrisi ampuh yang terdapat dalam sayur bayam antara lain lutein dan zeaxanthin.

Keampuhan nutrisi ini untuk kesehatan mata sudah dibuktikan dengan penelitian. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa orang-orang yang rajin mengonsumsi bayam setiap hari selama 6 bulan akan jarang mengalami kelelahan mata/sakit kepala. Karena retina mata menyerap zat tersebut di atas untuk memfilter sinar biru yang dapat merusak kesehatan mata.

Demikianlah tips kesehatan yang bisa diterapkan untuk menjaga mata orang dewasa tetap sehat, khususnya di era digital. Pekerjaan memang penting, namun kesehatan lebih penting. Usahakan sesibuk apapun pekerjaan jangan sampai lupa bahwa tubuh juga butuh istirahat dan senantiasa dijaga.

Tags

Newsletter Signup

Subscribe our newsletter to receive the latest news and exclusive offers every week. No spam.