Info Blogger
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh untuk Lansia

4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh untuk Lansia

Loading...

Ketahui 4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh untuk Lansia

Tentunya akan sangat membahagiakan kalau kita masih diberikan kesempatan untuk bisa bersama orang tua. Meskipun semakin berumur orang tua kita akan membutuhkan perawatan yang lebih intens tetapi hal tersebut tidak akan menjadi masalah selama babak belur mania tahu tips menjaga kesehatan tubuh untuk para lansia. Memang akan semakin banyak masalah kesehatan saat manusia sudah memasuki periode lanjut usia atau lansia.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Pada saat usia sudah mulai lanjut otomatis akan terjadi penurunan kemampuan pada organ-organ tubuh manusia. Sehingga ada beberapa hal yang mungkin akan menjadi pantangan bagi para lansia. Menjaga kesehatan lansia memang akan sedikit berbeda dengan cara merawat anak-anak dan orang yang masih dalam usia muda. Saat kedua orang tua sudah memasuki usia 60 tahun itu artinya babak belur mania sudah harus melakukan perawatan khusus untuk lansia.

Nah, agar tidak ada kesalahan dalam menjaga kondisi dan stamina orang tua yang sudah masuk lansia, babak belur mania bisa ikuti tips menjaga kesehatan tubuh bagi lanjut usia berikut ini.

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Lansia

Biarkan Mereka Tetap Aktif

Seringkali kita merasa khawatir ketika orang tua yang sudah lansia tetap saja memiliki aktivitas yang cukup banyak dengan rekan-rekannya. Kemudian kita akan minta mereka untuk diam di rumah saja agar tidak merasa capek dan sakit. Itu adalah tindakan yang keliru karena justru akan membuat lansia menjadi mudah stres tanpa kegiatan terutama bagi mereka yang masa mudanya sibuk.

Biarkan mereka tetap memiliki aktivitas selama itu tidak membutuhkan banyak energi seperti berkebun, menyapu rumah atau sesekali pergi dengan temannya. Dengan tetap memiliki aktivitas malah akan menghindarkan lansia dari penyakit seperti kepikunan. Aktivitas akan memperlambat proses penuaan pada sel-sel otak lansia sehingga mereka tidak cepat pikun.

Perhatikan Nutrisi Makanan

Peranan makanan yang dikonsumsi akan membawa pengaruh besar pada kondisi tubuh seseorang. Begitu juga pada para lansia babak belur mania harus memperhatikan asupan nutrisinya kalau ingin mereka tetap sehat. Makanan memang akan selalu menjadi bagian dari tips menjaga kesehatan tubuh manusia dalam usia berapapun. Yang harus dicatat adalah kemampuan untuk mencerna makanan pada lansia sudah mengalami penurunan.

Solusi yang bisa dilakukan adalah pilihlah makanan yang bernutrisi dan memiliki tekstur lembut misalnya jus sayuran atau jus buah tanpa ditambahkan gula. Carilah informasi tentang kebutuhan kalori harian lansia yang disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin. Babak belur mania juga bisa mencari referensi menu sehat untuk lansia dari internet. Pastikan mereka selalu mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap harinya.

Istirahat yang Cukup

Kondisi kesehatan dan kemampuan tubuh para lansia sudah tidak sebagus di masa mudanya dulu. Mayoritas lansia akan mengalami masalah gangguan tidur di malam hari yang bisa diatasi dengan mengurangi konsumsi cairan menjelang waktu istirahat malam. Tujuannya agar tidak terlalu sering terbangun untuk buang air kecil yang pada akhirnya akan mengganggu istirahatnya. Cukup istirahat di malam hari termasuk dalam tips menjaga kesehatan tubuh bagi lansia.

Rutin Chek-up Kesehatan

Ajak orang tua untuk secara rutin melakukan pengecekan kesehatan agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Lakukan pemeriksaan pada kadar gula darah, tekanan darah dan yang lainnya setidaknya sekali dalam sebulan. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin juga merupakan bagian dari tips menjaga kesehatan tubuh untuk mereka yang sudah memasuki usia lanjut.

Tags

Newsletter Signup

Subscribe our newsletter to receive the latest news and exclusive offers every week. No spam.