Info Blogger
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

Bagaimana Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Haid?

Bagaimana Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Haid?

Loading...

Bagaimana Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Haid?

Menstruasi atau haid adalah siklus normal yang dilalui oleh semua wanita pada usia subur. Biasanya saat sedang haid tubuh akan terasa lemas karena banyak darah yang keluar sehingga bisa mengganggu aktivitas. Agar tetap bisa beraktivitas seperti biasanya babak belur mania bisa mengikuti tips menjaga kesehatan tubuh selama periode menstruasi berlangsung. Tujuannya tentu saja agar semua rutinitas bisa dilakukan tanpa gangguan.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Saat haid berlangsung biasanya gangguan yang akan dirasakan adalah sakit perut atau kram perut, tubuh yang lemas, mual, pusing dan masih banyak lagi. Jika selama haid kondisi kesehatan tidak dijaga bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pingsan misalnya. Jadi kalau ingin tetap bisa beraktivitas seperti biasanya dan badan tetap segar ada beberapa hal yang sangat disarankan untuk dilakukan.

Apa saja yang harus babak belur mania lakukan sesuai dengan tips menjaga kesehatan tubuh selama masa haid? Temukan jawabannya di bawah ini.

Menjaga Kondisi Tubuh Selama Menstruasi

Jauhi Gula, Tepung Putih dan Makanan Olahan

Banyak mengkonsumsi tepung putih, gula dan jenis makanan olahan siap makan bisa menimbulkan rasa kembung dan kram pada perut. Tentu hal tersebut sangat tidak nyaman bagi wanita yang sedang menstruasi. Jika selama haid babak belur mania selalu merasakan perut kram dan kembung tentunya akan mengganggu aktivitas.

Lakukan Diet Mediterania

Melakukan diet mediterania ternyata bisa menjadi tips menjaga kesehatan tubuh selama masa haid berlangsung. Bagaimanakah cara melakukan diet mediterania tersebut? Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang rendah sodium, karbohidrat olahan dan lemak jenuh. Babak belur mania bisa perbanyak makan buah, sayuran, ikan, daging tanpa lemak dan biji-bijian. Semua makanan tersebut akan mengatasi permasalahan yang terjadi selama PMS dan haid.

Konsumsi Makanan Tinggi Kalium

Makanan yang memiliki kandungan senyawa kalium tinggi seperti kismis, kacang-kacangan, yogurt, ikan salmon dan ubi jalar akan mengatasi masalah haid yang tidak teratur. Selain itu kalium yang jumlahnya tercukupi di dalam tubuh akan menghindarkan perut dari kram saat mens. Konsumsilah makanan tinggi kalsium dengan cara yang tepat yaitu diuap atau dipanggang. Hindari merebusnya karena bisa mengurangi kadar kalium yang ada di dalamnya.

Tingkatkan Asupan Nutrisi Lainnya

Jangan karena merasa kalium adalah senyawa yang dibutuhkan untuk menghindari gangguan selama haid lalu melupakan nutrisi yang lainnya. Dalam tips menjaga kesehatan tubuh selama periode haid tetap dibutuhkan nutrisi lainnya yang tak kalah penting. Vitamin B, C dan E contohnya.
Selain itu nutrisi lain yang penting bagi tubuh adalah magnesium, zinc, asam lemak esensial dan kalsium. Satu lagi yang harus dikonsumsi dengan jumlah yang cukup adalah zat besi untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah yang baru. Pastikan tubuhmu kecukupan semua nutrisi tersebut.

Lakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga sudah sejak lama dipercaya sebagai cara untuk mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubuh. Begitu juga saat menstruasi olahraga bisa menjadi tips menjaga kesehatan tubuh. Dengan rajin melakukan olahraga siklus menstruasi akan menjadi lebih teratur. Hal tersebut disebabkan karena orang dengan berat badan yang ideal akan lebih teratur dalam menstruasi.

Biasanya wanita yang mengalami masalah berat badan akan mengalami juga gangguan pada siklus haid. Lalu jenis olahraga apa yang cocok untuk dilakukan? Babak belur mania bisa jogging, berenang atau cukup dengan jalan kaki saja. Setidaknya lakukan aktivitas tersebut selama 30 menit dengan durasi 5 hingga 6 kali setiap minggunya.

Tags

Newsletter Signup

Subscribe our newsletter to receive the latest news and exclusive offers every week. No spam.