Info Blogger
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

Menjaga Kesehatan Usai Melahirkan Agar Bugar

Menjaga Kesehatan Usai Melahirkan Agar Bugar

Loading...
Melahirkan anak dan menjadi seorang ibu merupakan peristiwa membahagiakan sekaligus membanggakan bagi semua wanita. Rasa lelah dan sakit selama kehamilan dan saat melahirkan seketika hilang begitu melihat wajah malaikat kecil yang manis. Tapi setelah melahirkan akan banyak tugas yang menguras energi yaitu mengurus si kecil. Agar tetap bugar sebaiknya cari info tentang tips menjaga kesehatan tubuh setelah melahirkan.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Tips-tips tersebut bisa babak belur mania tanyakan pada orang tua yang sudah memiliki pengalaman dalam hal melahirkan dan mengurus anak. Atau bisa juga cari info tentang hal tersebut melalui artikel-artikel yang ada di internet. Intinya agar seorang ibu bisa mengurus bayinya dengan baik dia harus menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Kurangnya waktu untuk tidur selama mengurus si kecil bisa membuat penyakit mudah datang.

Nah, babak belur mania tidak perlu cemas karena di bawah ini akan dijelaskan bagaimana tips menjaga kesehatan tubuh setelah melahirkan.

Cara Menjaga Stamina Tubuh Setelah Melahirkan

Pastikan Kebutuhan Cairan Selalu Terpenuhi

Proses melahirkan menjadi peristiwa yang melelahkan dan menguras banyak tenaga sehingga tubuh akan mudah merasa lelah dan lemas. Untuk membantu tubuh kembali bertenaga babak belur mania harus banyak minum agar proses metabolisme kembali normal. Disarankan untuk konsumsi cairan sekurang-kurangnya 8 gelas per hari. Air putih merupakan pilihan minuman yang terbaik jadi konsumsilah sebanyak-banyaknya agar tubuh lebih segar.

Banyak Istirahat

Tips menjaga kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah perbanyaklah istirahat ketika si kecil sedang tidur. Lakukan hal ini terutama pada masa nifas yaitu selama 40 hari pertama setelah melahirkan agar kondisi tubuh segera pulih kembali. Mengurus bayi membutuhkan stamina dan kesehatan yang baik karena akan menguras banyak tenaga.

Lakukan Olahraga Ringan

Untuk membantu babak belur mania tetap merasa sehat dan bugar salah satu caranya adalah dengan melakukan olahraga. Tapi jangan terobsesi dengan olahraga yang berat lebih dulu, lakukan yang ringan-ringan saja. Dalam tips menjaga kesehatan tubuh setelah melahirkan disarankan untuk melakukan jenis olahraga yang tidak menguras banyak tenaga seperti jalan kaki selama 20 menit atau melakukan yoga.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Untuk memulihkan kondisi kesehatan tubuh setelah melahirkan babak belur mania harus mencukupi asupan gizi yang dibutuhkan. Nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh wanita yang baru saja melahirkan adalah protein, karbohidrat dan juga serat. Jenis makanan tersebut merupakan sumber gizi yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan stamina.

Protein bisa didapatkan dari ikan yang memiliki kandungan DHA yang akan meningkatkan kualitas ASI dan menstimulasi perkembangan syaraf otak bayi. Karbohidrat yang baik seperti bijian utuh atau beras merah akan membantu memulihkan energi pada si ibu.

Dukungan Moral

Seorang ibu yang baru saja melalui peristiwa melahirkan akan cenderung perasa atau sensitif. Bahkan yang ekstrem akan mengalami sindrom yang disebut dengan baby blues dimana ibu merasa depresi dan tidak percaya diri. Tips menjaga kesehatan tubuh bukan hanya soal fisik saja tetapi juga psikologis si ibu. Karena apa yang dialami ibu secara psikologis akan mempengaruhi kondisi tubuhnya secara fisik.

Gangguan secara psiklogis yang dialami seorang ibu bukan hanya akan mempengaruhi kesehatannya tetapi juga akan berpengaruh pada kualitas ASI. Dukungan yang terpenting dan paling dibutuhkan oleh ibu adalah dari orang terdekatnya alias suaminya. Dengan membantu istri mengurus si kecil sudah merupakan bentuk dukungan yang bisa babak belur mania lakukan.

Tags

Newsletter Signup

Subscribe our newsletter to receive the latest news and exclusive offers every week. No spam.