Info Blogger
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

Menelusuri Destinasi Wisata Bangunan Tua Jogja

Menelusuri Destinasi Wisata Bangunan Tua Jogja

Loading...
Destinasi wisata saat ini banyak dicari dan dikunjungi oleh kaum traveler, mulai dari anak-anak hingga dewasa dan lansia. Namun, tren traveler yang saat ini menjamur lebih condong kepada anak muda yang mulai suka main ke gunung atau ke pantai. Semakin banyaknya traveler yang melakukan perjalanan wisata, para pengelola kawasan wisata pun turut memperbaiki fasilitas di lokasi wisata.

Hal ini dimaksudkan untuk menyediakan wisata yang aman dan nyaman bagi traveler. Dengan begitu, income pengelola wisata juga semakin bertambah dan bisa terus mengembangkan kawasan wisata itu sendiri.

Menelusuri Destinasi Wisata Bangunan Tua Jogja

Destinasi Wisata Bangunan Lawas di Jogja

Jogja atau Jogjakarta merupakan kota pendidikan dengan banyak kawasan wisata yang unik di dalamnya. Jogjakarta memang sudah lama menjadi tujuan wisata terutama bagi siswa SMP/SMA yang sedang melakukan study tour atau rekreasi sekolah. Hal ini dikarenakan Jogjakarta memiliki banyak sekali tempat bersejarah sehingga para siswa bisa sekaligus belajar. Selain itu, kota Jogjakarta juga banyak kuliner dan tempat-tempat khas yang unik dan patut untuk dikunjungi.

Selain disebut sebagai kota pendidikan, Jogjakarta juga memiliki julukan sebagai kota budaya dan pariwisata kota gudeg, kota perjuangan dan lainnya. Nah, untuk traveler millennial, berikut ini beberapa destinasi wisata bangunan lawas bersejarah, antara lain:

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan destinasi wisata yang wajib atau pasti dikunjungi ketika sedang traveling ke Jogjakarta. Candi Borobudur memang sangat terkenal, bahkan merupakan candi terbesar di dunia dan termasuk salah satu keajaiban dunia. Selain itu, koleksi relief pada candi Borobudur merupakan yang terbanyak dan terlengkap di dunia. Hingga saat ini, candi Borobudur sudah mendapatkan pemugaran dan perawatan agar tetap terjaga kelestariannya dan tidak rapuh.

2. Candi Prambanan
Tujuan destinasi wisata bangunan bersejarah kedua setelah Borobudur adalah candi Prambanan. Berbeda dengan candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, Prambanan justru merupakan candi Hindu. Prambanan terkenal dengan kecantikan bangunannya dan juga merupakan candi Hindu terbesar pada masanya dan menjadi situs dunia UNESCO.

Candi Prambanan disebut juga candi Roro Jonggrang dan relief nya menceritakan tentang kisah Rama, Shinta Rahwana dan Hanoman. Secara berkala kisah ini pun ditampilkan melalui pagelaran sendratari Ramayana.

3. Keraton Jogjakarta
Jika berkunjung ke Jogjakarta, jangan lupa mampir ke keraton Jogjakarta atau Ngayogakarta Hadiningrat. Siapa pun boleh berkunjung dan masuk ke dalam istana kesultanan keraton Jogjakarta ini, daya tariknya adalah peninggalan dan koleksi kesultanan. Banyak sekali barang antik dan bersejarah yang masih tersimpan rapi di kawasan keraton Jogjakarta. Tempat ini seperti museum tetapi tetap digunakan sebagaimana mestinya sebagai tempat tinggal keluarga keturunan sultan.

4. Taman Sari Jogjakarta
Nah, bagi para traveler, destinasi wisata yang satu ini cukup terkenal dan menjadi tren wisata di kalangan anak muda. Banyak sekali foto-foto di media sosial terutama Instagram yang mengabadikan momen di Taman Sari Jogjakarta. Lokasi ini merupakan bekas sebuah taman atau kebun kerajaan dari istana Keraton Jogjakarta. Selain itu, ada yang mengatakan bahwa bangunan bersejarah ini juga digunakan untuk benteng pertahanan.

Taman Sari terbagi menjadi 4 area yaitu danau buatan (barat), pemandian umbul binangun (selatan), pasarean ledok sari dan kolam garjitawati (selatan), dan kompleks magangan (timur).

Selain ke empat wisata yang disebutkan di atas, masih banyak lokasi wisata bangunan bersejarah lainnya yang tak kalah keren. Wisata Jogjakarta lainnya seperti Istana Ratu Boko, Tugu Jogjakarta, Benteng Vredenburg Jogjakarta, Museum Ullen Sentalu, Museum Sasmitaloka dan lainnya

Tags

Newsletter Signup

Subscribe our newsletter to receive the latest news and exclusive offers every week. No spam.