Info Blogger
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Pancaroba

Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Pancaroba

Loading...

Inilah 4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Pancaroba

Tips menjaga kesehatan tubuh di saat musim pancaroba tentu sangat diperlukan. Pernahkah babak belur mania merasa kesal ketika musim tidak menentu dan tiba-tiba sakit? Kejadian itu sangat umum  terjadi kepada seseorang yang tinggal di negara dengan musim yang bisa saja berganti sewaktu-waktu, seperti di Indonesia misalnya.

Musim Pancaroba

Di Indonesia, babak belur mania tentu pernah menjumpai cuaca yang tidak menentu. Kadang kondisi di luar sangat panas, kadang tiba-tiba hujan turun seketika. Kondisi ini memang kerap terjadi  di negara ini. Untuk itu, bagi babak belur mania yang rentan sekali terkena sakit karena perubahan suhu, harus tahu tips menjaga kesehatan yang tepat. Simak informasinya sebagai berikut!

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Ketika Musim Pancaroba

Penuhi Asupan Cairan Yang Cukup Untuk Tubuh

Seperti yang diketahui, tubuh manusia mengandung cairan sebanyak kurang lebih 60%. Cairan tersebut tentu memiliki berbagai macam fungsi, di antaranya adalah membuang racun (detoksifikasi), melancarkan aliran darah, hingga mengatur suhu tubuh. Cairan ini sangat penting eksistensinya dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan maka akibatnya akan fatal.

Pada kondisi dingin, tubuh akan terasa cukup dengan cairan. Padahal, pada waktu, konsumsi air justru malah diperlukan walaupun babak belur mania tidak merasa haus. Tujuannya adalah untuk menstabilkan suhu tubuh. Sama halnya dengan kondisi panas, tentu akan lebih memerlukan asupan air yang banyak agar tidak dehidrasi. Jika tidak terlalu suka air, bisa mengkonsumsi buah yang kaya air.

Menjaga Asupan Makan

Ketika tubuh dihadapkan dengan cuaca yang tak menentu, kadang seseorang akan merasa tidak enak badan, flu, atau malah demam. Nah, sebelum hal ini terjadi, tips menjaga kesehatan tubuh yang harus babak belur mania lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang cukup untuk menutrisi tubuh.

Dalam kondisi yang demikian, babak belur mania perlu memberikan asupan nutrisi seperti vitamin, kalori, dan lainnya. Tujuannya, agar kondisi tubuh tetap fit dan bertenaga. Babak belur mania bisa memperoleh nutrisi itu dari mengkonsumsi sayur atau buah-buahan.

Memperhatikan Pola Tidur

Pola tidur yang tidak beraturan pada musim yang tak menentu akan memperparah keadaan tubuh. Bagaimana tidak, pada kondisi ini, tubuh memerlukan istirahat yang cukup, terlebih bagi mereka yang sering melakukan banyak aktivitas, seperti bekerja.

Jika babak belur mania tidak ingin tubuh merasa letih dan tak bersemangat, maka jaga pola tidur. Jika waktu sudah menunjukkan untuk jam tidur, maka segeralah tidur. Jangan habiskan waktu untuk begadang atau melakukan hal lain yang justru mempengaruhi kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi Madu

Semua sudah tahu bahwa madu adalah makanan yang kaya akan khasiat bagi tubuh. Untuk itu, agar tubuh tetap terjaga ketika musim pancaroba tiba, babak belur mania bisa mengkonsumsi madu. Madu ini dapat mempermudah metabolisme tubuh, membunuh bakteri, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Di agama Islam, mengkonsumsi madu juga sangat disarankan karena manfaatnya yang banyak untuk kesehatan. Rasul bahkan pernah berkata bahwa salah satu obat untuk menyembuhkan penyakit adalah madu (di samping Alquran). Dari sini, babak belur mania tentu sudah tahu jika madu ini memang sangat baik untuk tubuh, apalagi jika dikonsumsi pada musim pancaroba.

Nah, itu tadi merupakan tips menjaga kesehatan tubuh ketika musim pancaroba. Sebenarnya, menjaga kesehatan tubuh itu harus dilakukan setiap waktu. Artinya, tidak menunggu waktu tertentu untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh. Jika babak belum mania sudah sedia payung sebelum hujan, tentu tubuh pun tidak akan mudah terkena penyakit.

Tags

Newsletter Signup

Subscribe our newsletter to receive the latest news and exclusive offers every week. No spam.