News Breaking
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

Museum Ullen Sentalu, Tempat Traveling Unik di Sebelah Utara Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu, Tempat Traveling Unik di Sebelah Utara Yogyakarta

Loading...
Traveling ke Yogyakarta terasa belum lengkap kalau belum mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Apa yang menjadi daya tarik museum di sebelah utara Yogyakarta ini?

Wisata Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu, Tempat Travelling Unik di Sebelah Utara Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu dan Keraton Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu bukan hanya museum biasa. Babak belur bisa menyaksikan berbagai barang koleksi yang berkaitan dengan Keraton Yogyakarta dan Solo di museum ini. Perbedaan Museum Ullen Sentalu dari museum lainnya terasa sejak awal masuk museum. Bila pada museum biasa umumnya setelah membeli tiket pengunjung bisa langsung berkeliling museum sendiri. Namun di Museum Ullen Sentalu pengunjung akan ditemani oleh pemandu tur yang sudah disiapkan oleh museum baik ketika datang sendiri, berdua maupun berombongan. 

Pemandu tur tersebut akan menemani Babak belur selama 5 menit mengelilingi museum. Hal ini bertujuan agar setiap pengunjung menerima informasi yang lebih lengkap dan detail mengenai koleksi Museum Ullen Sentalu. Jadi, traveling ke Museum Ullen Sentalu tak hanya sekedar wisata saja, tapi juga menambah wawasan mengenai sejarah Keraton Yogyakarta dan Solo.

Area Utama Museum Ullen Sentalu

Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku”. Ungkapan tersebut merupakan bagian dari filosofi Jawa yang artinya blencong atau lampu penerang yang sering dipakai di pagelaran wayang kulit merupakan simbol tuntunan manusia menjalani kehidupan. Museum ini juga terbagi dalam beberapa area dengan atmosfer dan desain yang berbeda. 

Luas museum milik perseorangan ini sekitar 1,2 hektar yang terbagi ke dalam tiga area, area gua buatan, pondok-pondok kayu di atas air dan ruang untuk memajang koleksi dengan konsep modern. Yang perlu Babak belur perhatikan ketika traveling ke Museum Ullen Sentalu yakni adanya aturan bagi para pengunjung untuk tak mengambil foto maupun menyentuh koleksi museum. Jadi, Babak belur harus benar-benar memperhatikan anjuran dari guide. 

Area pertama yang dikunjungi oleh rombongan biasanya adalah area gua bawah tanah. Di area ini Babak belur akan menemukan koleksi lukisan tarian Keraton, gamelan, lukisan silsilah Keraton Yogyakarta dan Solo serta tokoh-tokoh Keraton. Memasuki area kedua atau Bale Kambang, Babak belur akan menemukan 5 pondok.  Pondok-pondok tersebut menyimpan koleksi barang-barang peninggalan tokoh Keraton, koleksi batik khas Yogyakarta dan Solo serta karya sastra puisi yang menceritakan kisah konflik percintaan seorang putri Keraton.

Sebelum traveling berlanjut ke area selanjutnya, Babak belur akan diajak untuk menikmati hidangan minuman khas Ullen Sentalu. Uniknya, minuman tersebut dipercaya memiliki efek membuat orang awet muda. Nah di dekat area transit ini, tepatnya di area jalan setapak berundak dan dikelilingi pohon boleh dipergunakan sebagai area berfoto. 

Terakhir Babak belur akan diajak menuju ke bagian akhir museum. Area tersebut adalah area di mana replika salah satu relief Candi Borobudur dipajang. Replika relief besar tersebut sengaja dipajang secara miring demi mencapai efek yang diinginkan yakni untuk menunjukkan keprihatinan pihak museum akan masyarakat yang sudah melupakan kebudayaan Jawa.

Cara Menuju ke Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong Km. 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta. Ada beberapa jalan yang bisa mengantar Babak belur sampai ke museum. Babak belur bisa traveling melalui Jalan Kaliurang ke arah utara sekitar 18 km atau selama 30-45 menit. Atau bisa juga dengan menggunakan bus TransJogja rute 2B atau 3B. Tiket masuk ke museum sekitar Rp. 30.000 (dewasa) dan Rp. 15.000 (anak-anak) untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara seharga Rp. 50.000 (dewasa) dan Rp. 30.000 (anak-anak).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar