News Breaking
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

Traveling ke Kota Tua Jakarta, Nikmati Eksotisme Museum Fatahilah

Traveling ke Kota Tua Jakarta, Nikmati Eksotisme Museum Fatahilah

Loading...

Traveling ke Kota Tua Jakarta, Nikmati Eksotisme Museum Fatahilah

Kawasan Kota Tua yang berlokasi di ibukota Jakarta merupakan salah satu destinasi traveling yang menawarkan eksotisme menawan. Di sana babak belur mania bisa menyewa sepeda ontel yang akan membawa kembali ke suasana tempo dulu. Selain itu buat Anda yang suka sekali mengambil foto-foto seru untuk diposting di media sosial, Kota Tua memiliki banyak spot menarik untuk diabadikan. Jangan lupakan satu bagian sejarah di sana yaitu Museum Fatahilah.

Traveling ke Kota Tua Jakarta, Nikmati Eksotisme Museum Fatahilah

Museum yang bangunannya merupakan peninggalan jaman kolonial Hindia Belanda tersebut menyimpan sejarah tentang kota Batavia. Kota Jakarta yang kita kenal sekarang pada awalnya disebut dengan Batavia saat masih era kependudukan Belanda di Indonesia. Jadi belajar tentang sejarah Batavia di museum tersebut sama artinya babak belur mania sedang mempelajari bagaimana asal mula kota Jakarta yang sekarang menjadi kota metropolitan.

Agar babak belur mania tidak terkaget-kaget saat traveling ke Museum Fatahilah pelajari dulu fakta menarik tentang peninggalan sejarah tersebut seperti berikut.

Fakta Menarik Museum Fatahilah, Jakarta

Sejarah Museum Fatahilah

Museum yang juga disebut dengan Museum Sejarah Jakarta tersebut awalnya adalah Balai Kota atau Staduis dalam bahasa Belanda. Gedung tersebut pada saat itu diresmikan oleh seorang Gubernur Jenderal Belanda bernama Abraham Van Riebeeck di tahun 1710.

Sedangkan pembangunannya sendiri dimulai sejak tahun 1620 di zaman pemerintahan Gubernur Jenderal Jan Pieterszon Coen. Waktu yang lama dalam proses pembangunannya disebabkan oleh labilnya tanah di Jakarta yang membuat bangunan tersebut pernah anjlok beberapa kali sebelum diresmikan.

Penggunaan Bangunan

Traveling ke Kota Tua yang eksotis tidak lengkap tanpa mengunjungi Museum Fatahilah. Selain menjadi tempat penyimpanan benda-benda peninggalan jaman perang kemerdekaan, tempat tersebut pernah mengalami beberapa kali perubahan fungsi sebelum digunakan sebagai museum hingga sekarang.

Jejak sejarah memberikan fakta bahwa sebelum menjadi Museum Fatahilah, bangunan buatan Hindia Belanda ini pernah difungsikan sebagai berikut :

  • ▪ Tahun 1925 – 1942 digunakan sebagai kantor pemerintahan Propinsi Jawa Barat
  • ▪ Tahun 1942 – 1945 difungsikan sebagai tempat pengumpulan logistik bernama Dai Nippon
  • ▪ Tahun 1952 – 1968 sebagai Markas Kodim Jakarta Barat
  • ▪ Tahun 1968 gedung diserahkan kepada Pemda DKI Jakarta
  • ▪ Tahun 1974 diresmikan sebagai Museum Sejarah Jakarta oleh Gubernur Ali Sadikin

Koleksi Museum Fatahilah

Selain bisa menikmati suasana Kota Tua yang eksotis dan menarik untuk dijelajahi, traveling ke lokasi tersebut akan membuat babak belur mania dibuat takjub dengan koleksi Museum Fatahilah. Yang perlu babak belur mania ketahui bahwa Museum Fatahilah sering menjadi tempat foto profesional dan juga sebagai lokasi syuting. Meriam adalah salah satu benda peninggalan jaman perang yang ikonik di museum ini.

Beberapa koleksi menarik yang bisa didapatkan di Museum Fatahilah antara lain prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara yaitu Prasasti Ciareteun, meriam yang dinamakan Si Jagur, sel tahanan yang digunakan Untung Surapati dan Pangeran Diponegoro, lukisan jaman VOC, koleksi senjata perang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hiburan Rakyat

Ada lagi bonus yang bisa babak belur mania dapatkan jika melakukan traveling ke kawasan Museum Fatahilah yaitu melihat sajian hiburan rakyat berupa atraksi menarik. Kegiatan tersebut dilakukan di alun-alun Kota Tua dan disajikan secara reguler. Atraksi yang disajikan berupa budaya lokal masyarakat setempat yaitu Betawi diantaranya sajian musik tanjidor, tari Zapin, musik keroncong dan tidak ketinggalan aneka kuliner yang akan membuat ketagihan.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar