News Blogger
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

5 Museum di Sumatera Barat Paling Populer, Yuk Traveling

5 Museum di Sumatera Barat Paling Populer, Yuk Traveling

Loading...

5 Museum di Sumatera Barat Paling Populer, Yuk Traveling Kesana

Traveling ke Sumatera barat bersama orang tercinta itu perlu diagendakan. Salah satu provinsi Sumatra yang beribu kota Padang ini menjadi incaran para wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagaimana bisa? Ya, karena tempat ini menyimpan keindahan yang akan memanjakan visitornya. Selain bisa menjumpai wisata alam yang keren, babak belur mania juga akan berkesempatan menyaksikan kebudayaan setempat.

Museum di Sumatera Barat

Wisata sambil belajar, sebutan yang cukup cocok untuk dilontarkan kepada provinsi ini. Bukan mengapa, karena di sana wisatawan akan menemukan rumah-rumah adat unik yang mereka namai dengan rumah Minangkabau. Selain itu, babak belur mania juga bisa berkunjung ke museum-museum yang ada di sana. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya berikut!

5 Museum di Sumatera Barat Cocok untuk Traveling Bersama Keluarga

Museum Adityawarman

Salah satu museum yang populer di Sumatra barat yakni Museum Adityawarman. Museum ini memiliki desain yang unik. Ya, arsitekturnya yang unik mengambil konsep etnis Minangkabau. Di sini, ada beberapa koleksi mengenai kebudayaan Minangkabau yang bisa diketahui.

Koleksi yang cukup terkenal adalah koleksi pernak-pernik, diorama, dan juga peninggalan nenek moyang yang ada di Minangkabau. Nah, jika babak belur mania kebetulan berada di Padang bisa mampir ke sini untuk sekadar melihat-lihat.

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Jika di Blitar ada museum bung karno, maka di Sumbar ada tempat traveling museum rumah kelahiran Bung Hatta. Bung Hatta merupakan salah satu pahlawan yang berperan penting untuk Indonesia. Mulai dari perjuangan hingga kemerdekaan, beliau selalu ikut andil membantu. Ya, beliau adalah sosok yang menginspirasi kita sehingga dibuatlah museum yang berkaitan dengan beliau di Bukittinggi.

Walaupun bangunan dari museum ini adalah replika dari bangunan asli, ternyata, semua perabot yang ada di dalamnya adalah perabot asli kediaman keluarga bung Hatta.

Gedung Museum Goedang Ransoem

Museum ini berlokasi di Sawahlunto. Ini adalah salah satu tempat yang menunjukkan bahwa Belanda pernah menjajah provinsi ini. Dulunya, tempat ini dipakai dapur umum yang digunakan oleh pekerja tambang. Itulah mengapa, di tempat ini koleksinya kebanyakan koleksi peralatan dapur.

Salah satu yang menjadi keunikan dari museum ini adalah ukuran dari peralatan dapur yang menjadi koleksi di museum ini relatif raksasa. Yuk lihat keunikannya dengan traveling ke sana!

Museum Tuanku Imam Bonjol

Museum ini terletak di Bonjol, Pasaman, Sumatera barat. Sesuai dengan namanya, tempat ini mengoleksi berbagai barang pribadi Tuanku Imam bonjol. Beberapa koleksi yang ada di sana antara lain pedang, tombak, meriam, dan lainnya yang dulunya digunakan untuk berperang.

Selain itu, di sana, babak belur mania juga akan menjumpai lukisan-lukisan serta silsilah dari keluarga pahlawan ini. Satu hal yang membuatnya unik adalah letak dari museum ini berada di garis nol derajat khatulistiwa Indonesia.

Museum Buya Hamka

Mungkin beberapa orang sudah tahu betul tentang buya Hamka. Nah, jika babak belur mania masih asing dengan tokoh ini, tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini. Di sini, ada banyak sekali koleksi milik buya Hamka yang dapat babak belur mania lihat.

Jika suka sekali membaca, babak belur mania bisa datang ke ruangan baca yang ada di dalam museum ini. Buku-buku yang menjadi koleksi tempat ini adalah buku-buku karya ulama dan pujangga.

Setelah membaca ulasan di atas, babak belur mania tentu sudah tahu ternyata di Sumatera barat itu ada banyak sekali museum. Nah, jika babak belur mania suka sekali mengunjungi museum, pastikan segera merencanakan traveling ke sana.

Tags

Newsletter Signup

Subscribe our newsletter to receive the latest news and exclusive offers every week. No spam.