News Breaking
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

Mampir ke Lawang Sewu Saat Traveling ke Kota Semarang

Mampir ke Lawang Sewu Saat Traveling ke Kota Semarang

Loading...

Mampir ke Lawang Sewu Saat Traveling ke Kota Semarang

Kota Semarang yang merupakan ibukota propinsi Jawa Tengah memiliki sebuah bangunan kuno peninggalan jaman Belanda yang cukup terkenal. Lawang Sewu adalah nama dari bangunan tersebut yang terletak tepat di tengah kota Semarang dekat dengan ikon kota lainnya yaitu Tugu Muda. Jika babak belur mania pernah traveling dengan mengunjungi kota lumpia tersebut tentunya pernah mendengar cerita tentang Lawang Sewu.

Lawang Sewu

Lawang Sewu pernah menjadi sebuah fenomena ketika menjadi lokasi syuting sebuah acara horor di televisi swasta. Hingga sekarang cerita tentang misteri yang terdapat di Lawang Sewu membuat orang menjadi penasaran dan ingin datang ke sana. Terlepas dari cerita misteri yang menyelimuti keberadaannya, bagaimanapun Lawang Sewu merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah jaman Belanda yang patut diketahui. Arsitektur bergaya Eropa yang cantik menjadi daya tarik tersendiri.
Traveling ke Semarang rasanya memang sayang kalau tidak mampir ke Lawang Sewu yang dalam bahasa indonesia berarti seribu pintu. Inilah beberapa alasan mengapa Lawang Sewu wajib untuk dikunjungi.

Fakta Menarik Tentang Lawang Sewu

Bekas Penjara Terkejam di Era Penjajahan Jepang

Meskipun bangunan Lawang Sewu dibuat pada masa pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia, nyatanya tempat tersebut pernah juga dipakai oleh Jepang. Pada masa pemerintahan Jepang di Indonesia, Lawang Sewu difungsikan sebagai penjara dan konon katanya menjadi penjara paling kejam yang pernah ada di masa penjajahan. Traveling ke Lawang Sewu akan membuat babak belur mania melihat sendiri bekas keberadaan penjara tersebut.

Bangunan Asli Eropa

Bangunan asli Eropa yang dimaksud bukan hanya sekedar gaya desain arsitekturnya saja melainkan juga faktor lainnya. Lawang Sewu dibangun dengan menggunakan material yang khusus didatangkan dari daratan Eropa. Sedangkan untuk konsep bangunannya dibuat oleh arsitek yang juga berasal dari Eropa. Jadi kalau babak belur mania ingin melihat dari dekat bangunan asli Eropa yang ada di Indonesia bisa datang ke Lawang Sewu, Semarang.

Jumlah Pintu

Sebutan Lawang Sewu diberikan oleh penduduk setempat karena gedung tersebut memiliki banyak sekali pintu. Namun, apakah jumlah tersebut memang sesuai dengan kenyataannya? Ternyata tidak, karena faktanya jumlah pintu yang ada di sana hanyalah 429 buah saja sedangkan jumlah daun pintunya lebih dari 1200 buah. Kalau babak belur mania tidak percaya silahkan hitung sendiri saat traveling ke Lawang Sewu.

Lokasi Foto Favorit

Desain arsitektur bangunan dari Lawang Sewu yang unik membuatnya menjadi salah satu lokasi favorit untuk pengambilan sesi foto komersial. Meskipun dikenal angker dan penuh misteri tetapi faktanya banyak sekali pasangan muda yang akan menikah melakukan foto prewedding dengan lokasi di Lawang Sewu. Ciri khas bangunan yang memiliki banyak pintu menjadi daya tarik tersendiri dan merupakan spot foto yang sulit ditemukan di tempat lain.

Cikal Bakal Kereta Api di Indonesia

Kalau babak belur mania traveling ke Semarang melalui Stasiun Tawang sebenarnya sejarah gedungnya tidak bisa dipisahkan dari Lawang Sewu. Perlu Sobat ketahi Pada awal pembangunan, gedung ini dahulu difungsikan sebagai kantor pusat NIS atau Pusat KAI-nya Hindia Belanda. Perusahaan tersebutlah yang pertama kali membangun rel di Indonesia untuk menghubungkan kota Semarang dengan Solo dan juga Yogyakarta.

Jalur pertama kereta api dibuat pada tahun 1867 dan selanjutnya untuk memudahkan transportasi dari daerah yang bertanah subur di Jawa Tengah dengan Pelabuhan Semarang (sekarang Tanjung Mas) maka dibangunlah Stasiun Tawang yang masih digunakan hingga saat ini.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar