Info Blogger
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

Traveling ke Jakarta? Jangan Lupa Mampir ke 6 Museum Keren Ini, Ya!

Traveling ke Jakarta? Jangan Lupa Mampir ke 6 Museum Keren Ini, Ya!

Loading...
Siapa bilang hiburan yang ada di Jakarta hanya mal, kafe, restoran, atau bioskop? Untuk Babak Belur Mania yang hobi traveling, sebenarnya Jakarta punya banyak tempat-tempat menarik untuk dikunjungi, lho! Salah satunya adalah museumnya, yang bukan hanya berisi banyak informasi, tapi juga punya lokasi keren untuk Babak Belur Mania foto-foto.

Traveling ke Jakarta? Jangan Lupa Mampir ke 6 Museum Keren Ini, Ya!

Traveling ke Jakarta

Wah, apa saja ya daftar museum menarik di Ibukota yang wajib Babak Belur Mania datangi waktu traveling ke Jakarta? Cek daftarnya di sini!

1.    Museum Taman Prasasti

Jalan-jalan ke “kuburan”, tapi suasananya dijamin tidak menakutkan. Sebab, di Museum Taman Prasasti, Babak Belur Mania bisa temukan miniatur makam khas yang berasal dari 27 provinsi, prasasti nisan kuno, dan kereta jenazah. Selain itu, museum cagar budaya peninggalan zaman penjajahan Belanda ini juga jadi rumah untuk banyak karya seni para pemahat, pematung, kaligrafer, sampai sastrawan. Oh iya, disini juga ada setidaknya 1.300 makam, termasuk prasasti kepunyaan Kapitan Jas dan Soe Hok Gie.
Alamat: Jalan Tanah Abang I No. 1 Gambir, Jakarta Pusat

2.    Museum Minyak dan Gas Bumi

Pertama kali diresmikan dan dibuka tahun 1989, Museum Minyak dan Gas Bumi adalah simbol peringatan 100 tahun industri migas di Indonesia. Di sini, Babak Belur Mania bisa menikmati daya tarik arsitektur bangunan yang didesain agar bentuknya menyamai offshore platform, dan berada di atas danau buatan. Sesuai namanya, Babak Belur Mania bisa mendapatkan berbagai informasi tentang perminyakan mulai dari sejarah sampai peralatannya. Ada juga auditorium yang disewakan untuk kebutuhan masyarakat.
Alamat: Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur

3.    Museum Basoeki Abdullah

Penggemar lukisan pasti sangat familiar dengan nama Basoeki Abdullah, yang merupakan seorang pelukis aliran naturalis dan realis. Museum ini didirikan sebagai rumah untuk karya-karyanya, termasuk kumpulan koleksi pribadi berupa buku, wayang, topeng, dan patung. Oh iya, museum ini dulunya adalah rumah Basoeki Abdullah, yang kemudian direnovasi beberapa tahun setelah sang maestro lukis tersebut meninggal.
Alamat: Jalan Keuangan Raya No. 19 Cilandak, Jakarta Selatan 

4.    Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN)

Sebagai museum pertama di Tanah Air yang menjadi rumah untuk berbagai karya seni modern dan kontemporer seniman dalam negeri maupun luar negeri, Museum MACAN sekarang telah menjadi salah satu museum nge-hits di Tanah Air. Babak Belur Mania bukan hanya bisa mengapresiasi berbagai bentuk karya seni di sini, tapi juga menikmati pengalaman berkunjung ke museum yang lebih seru. Plus, banyak sudut yang Instagramable, lho!
Alamat: AKR Tower Level MM, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

5.    Museum Wayang Jakarta

Ketika Babak Belur Mania jalan-jalan di kawasan Kota Tua yang punya kecantikan klasik dari bangunan-bangunan kuno khas zaman kolonial Belanda, sempatkan mampir ke museum ini, ya! Di sini, Babak Belur Mania bisa temukan bukan hanya koleksi wayang khas Nusantara saja, tapi juga wayang dan boneka dari luar negeri, seperti Cina, Malaysia, Vietnam, Thailand, sampai Prancis.
Alamat: Jalan Pintu Besar Utara No. 27 Kota Tua, Pinangsia, Jakarta Barat 

6.    Museum di Tengah Kebun

Sesuai dengan namanya, museum ini memang berlokasi di tengah kebun yang teduh dan asri. Jadi, Babak Belur Mania pastinya bisa menyegarkan kembali pikiran berkat suasana kawasan museum yang menenangkan. Nah, di sini Babak Belur Mania bisa temukan berbagai koleksi patung, topeng, bahkan fosil kerang dan pohon dari zaman Triassic dan Jurassic, lho! Uniknya lagi, setiap koleksi Museum di Tengah Kebun dikumpulkan sendiri oleh pemiliknya, Sjahrial Djalil, sehingga masing-masing pun memiliki ceritanya tersendiri.
Alamat: Jalan Kemang Timur Raya No. 66 Mampang Prapat, Jakarta Selatan

Tags

Newsletter Signup

Subscribe our newsletter to receive the latest news and exclusive offers every week. No spam.