Info Blogger
Youtube Live
wb_sunny

Breaking News

5 Destinasi Traveling Ini Buktikan Kalau Sejarah Selalu Seru untuk Dinikmati, Lho!

5 Destinasi Traveling Ini Buktikan Kalau Sejarah Selalu Seru untuk Dinikmati, Lho!

Loading...
Kekayaan di Indonesia bukan hanya ditunjukkan dari keragaman suku dan budayanya saja, tapi juga sejarah panjang yang bermula dari masa prasejarah. Jadi, jangan heran kalau wisata sejarah juga merupakan salah satu jenis traveling yang sangat diminati para turis, termasuk turis mancanegara sekalipun.

5 Destinasi Traveling Ini Buktikan Kalau Sejarah Selalu Seru untuk Dinikmati, Lho!

5 Destinasi Traveling Ini Buktikan Kalau Sejarah Selalu Seru untuk Dinikmati, Lho!

Nah, supaya Babak Belur tidak kalah dengan para turis asing dalam hal pengetahuan sejarah Indonesia, jangan lupa kunjungi tempat-tempat ini saat traveling, ya!

1.    Masjid Raya Baiturrahman, Aceh
Masjid ini menjadi saksi bisu berbagai peristiwa penting yang terjadi di Aceh, dengan kejadian terakhir adalah bencana gempa dan tsunami yang terjadi pada tahun 2004 silam. Pada saat itu, kawasan Banda Aceh menjadi rusak dan porak poranda karena bencana alam yang terjadi, dan Masjid Raya Baiturrahman masih berdiri kokoh terlepas dari kondisinya. Selain itu, majid yang dibangun tahun 1612 pada era Kesultanan Aceh yang dipimpin Sultan Iskandar Muda ini pun menjadi benteng utama pertahanan masyarakat Aceh di berbagai perang, termasuk di masa penjajahan Belanda.

2.    Kota Tua, Jakarta
Pada masa kolonial Belanda, Kota Tua merupakan kawasan pusat pemerintahan. Babak Belur bisa temukan tiga bangunan utama yang menjadi tujuan wisata sejarah favorit, yaitu Museum Seni Rupa dan Keramik, Kantor Pos, dan Museum Sejarah Jakarta. Dulunya, Museum Sejarah digunakan sebagai balai kota Batavia – nama Jakarta di era penjajahan Belanda – dan kantor Gubernur Jenderal VOC. Museum Seni Rupa dan Keramik merupakan gedung dewan pengadilan tinggi Batavia. Sedangkan gedung Kantor Pos masih mempertahankan fungsi yang sama.  Selain itu, kawasan ini juga sangat menarik untuk dijadikan sebagai tempat foto berkat keindahan bangunan tua yang mengelilinginya.

3.    Taman Sari, Yogyakarta
Dulunya, kawasan Taman Sari masih menjadi satu bagian dengan area Keraton Ngayogyakarta dan berfungsi sebagai taman dan tempat pemandian bagi para putri. Pembangunannya sendiri dilakukan di bawah kepemimpinan Sri Sultan HB I, atau kira-kira tahun 1755 dan setelah Perjanjian Giyanti. Dengan perawatan yang baik, Taman Sari menjadi lokasi menarik untuk dikunjungi, dan Babak Belur bisa belajar tentang sejarah maupun foto-foto di sini.

4.    Masjid Menara Kudus
Yang membuat Masjid Menara Kudus ini begitu unik dan menarik untuk Babak Belur kunjungi saat traveling adalah perpaduan yang harmonis antara sentuhan Islam, Hindu, dan Budha. Pasalnya, masjid ini dibangun di tahun 1540-an ketika agama Islam sedang disebarkan di Pulau Jawa oleh para sunan. Nah, untuk menara ini, pemrakarsanya adalah Sunan Kudus. Tingginya adalah 18 meter dengan bagian dasar berukuran 10 x 10 meter. Di dalamnya, Babak Belur bisa temukan tangga yang terbuat dari kayu jati. Sedangkan hiasan di bagian luar menara terdiri atas tiga bagian, yaitu kaki, badan, dan puncaknya.

Oh iya, Menara Kudus juga merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia, lho! Di kawasan ini, Babak Belur juga bisa berziarah ke makam Sunan Kudus. Menjelang bulan Ramadhan, kawasan ini jadi lokasi penyelenggaraan Festival Dhandhangan untuk menyambut kedatangan bulan suci tersebut.

5.    Benteng Fort Rotterdam
Di Makassar, salah satu lokasi wisata sejarah yang terkenal adalah Fort Rotterdam, yang merupakan benteng yang sebenarnya merupakan peninggalan masa Kerajaan Gowa-Tallo. Hanya saja, ketika Kerajaan Gowa harus mengakui kekalahan dari Belanda yang pada saat itu datang sebagai VOC, benteng ini pun diserahkan kepada VOC. Sejak saat itu namanya pun diubah menjadi Fort Rotterdam dan berfungsi menjadi pusat penampungan rempah-rempah Indonesia kawasan timur.

Tags

Newsletter Signup

Subscribe our newsletter to receive the latest news and exclusive offers every week. No spam.