Bidang Pandang (Field of View) Perbandingan Jarak Fokus

Pembahasan Artikel BabaKBeluR.com kali ini, Bidang Pandang (Field of View) Perbandingan Jarak Fokus

Bidang Pandang (Field of View)


Bidang pandang sebuah lensa adalah lengkungan busur yang membuat objek bisa terekam ke dalam film atau kamera. Cakupan busur dihitung dalam satuan derajat (°). Meskipun foto yang diproyeksikan ke lensa berbentuk lingkaran, di fotografi kita hanya peduli dengan kotak persegi di dalam lingkaran tersebut (lihat halaman 118-119). Akibatnya, bidang pandang lensa kamera dapat dikutip sebagai tiga angka: Bidang pandang panjang, bidang pandang vertikal, dan bidang pandang diagonal. Ketika hanya satu yang dikutip, biasanya diasumsikan adalah bidang pandang diagonal.

Bidang pandang bukan pengukuran mutlak. Tapi tergantung dari dua faktor, jarak fokus lensa dan daerah sensor untuk merekam gambar.

Oleh karena jarak fokus sebuah lensa bersifat tetap, sudut pandang harus disebutkan bersama dengan daerah gambar tujuan. Tetapi, praktik ini tidak diikuti oleh pembuat lensa. Lensa fotografi terus dipasarkan menggunakan jarak fokus yang diaplikasikan ke sensor full frame (36mm x 24mm).

Salah satu alasan hal ini oleh karena lensa dirancang untuk sensor full frame bisa juga digunakan di format yang lebih kecil, setidaknya ada tiga kelompok bilangan yang dapat diberikan ke lensa Canon itu sendiri. Alasan lainnya bahwa para produsen kamera membuat sensor dengan ukuran berbeda- beda jadi sudut pandang, katakanlah, lensa Nikon 24mm tidak sama untuk lensa Canon 24mm ketika digunakan di kamera yang "kurang dari full frame."

Recommended Author





Perbandingan jarak fokus


Ketika kita menggandakan jarak fokus, daerah yang tercakup adalah 1/4 dari daerah sebelumnya. Foto di bawah direkam menggunakan lensa dengan jarak fokus 20mm. Ketika jarak fokus digandakan (contohnya 40mm), daerah gambar akan terlihat sebagai kotak persegi yang dibatasi dengan titik-titik. Dengan lensa 80mm, daerah gambar yang tercakup akan ditampilkan di dalam kotak persegi bertitik-titik yang lebih kecil. Kotak persegi yang padat di tengah sepertinya mengikuti perkembangan yang logis (contoh 160mm), namun sebenarnya merepresentasikan titik fokal 320mm. Ini karena saat jarak fokus menjadi lebih panjang, perbedaan derajat sudut pandang berkurang seiring Anda menggandakan jarak fokus.

Demikian tadi artikel tentang Bidang Pandang (Field of View) Perbandingan Jarak Fokus. Dan jika anda memliki pertanyaan seputar Bidang Pandang (Field of View) Perbandingan Jarak Fokus ini ataupun anda ingin sharing informasi silahkan berkomentar melalui disqus di bawah dan jangan lupa like fanspage, Subscribe Youtube channel kami di samping artikel ini, jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Baca Juga Artikel Tentang Lens EF Fixed Focal Length dan Lensa Tilt and Shift DI SINI
Related Keyword: jarak pandang kamera cctv, cara menghitung focal length, cara mengatur focal length, focal length adalah, arti focal length dalam fotografi, contoh gambar dof luas, contoh gambar dof sempit, focal length lensa fix
Your Reaction:
Reaction:

BabaK BeluR Channel Merupakan Sumber Informasi dan Pengetahuan Serta Sarana Untuk Membangun Masyarakat Yang Gemar Membaca Sehingga Menjadikan Masyarakat Gemar Menulis

Disqus Comments

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info