Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kamera

Pembahasan Artikel BabaKBeluR.com kali ini, Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kamera

Tips Membeli Kamera Mirrorless


Faktor-faktor yang menentukan pilihan kamera Anda sangat bervariasi tergantung dari kebutuhan, peralatan yang sudah Anda miliki, dan juga anggaran yang Anda sediakan. Baik membeli kamera baru atau bekas, aspek biaya bisa menjadi tidak jelas karena kehidupan unit shutter kamera bervariasi dari 50.000 sampai 300.000 aktuasi tergantung dari tahun modelnya, dan sayangnya Canon tidak memberikan cara mudah mengetahui shutter count (perhitungan berapa kali jepret) di data EXIF (informasi pada setiap file gambar).

Lebih lanjut, perkembangan aspek desain tidak selalu berarti bahwa fitur bagus harus dipertahankan atau dikembangkan lebih lanjut. Salah satu contohnya adalah fitur auto exposure bracketing menggunakan pengaturan ISO fitur yang dikenalkan secara singkat di tahun 2004/ 2005, kemudian dihilangkan oleh karena cropping kamera DSLR masa sekarang memiliki tingkat noise yang jauh lebih baik. Sebagai garis bawah: Mungkin lebih baik membeli kamera bekas yang jarang dipakai dengan fitur yang Anda butuhkan, daripada kamera baru tapi dengan fitur yang tidak Anda gunakan.

Ukuran Pixel

Berhati-hatilah dengan penyesatan, terutama tentang jumlah megapixel. Apa yang juga penting, tapi jarang dipublikasi adalah ukuran dari setiap pixel. Pixel diukur dalam satuan mikron dan disingkat dengan huruf Yunani pm (1 mikron = 1/ 1000 mm). Sebagian besar pixel berbentuk bujursangkar, jadi sebuah ukuran pixel, katakanlah, 8pm mengindikasikan daerah pixel 8x8 mikron, atau 8 mikron pangkat dua. Di tahun 2001, kamera EOS-1D hanya memiliki sensor 4.15 megapixel efektif, tapi ukuran per pixelnya 11.5pm. Sejak itu, angka megapixel meningkat secara signifikan, tapi ukuran per pixel turun terus menerus. Data-data update statistik kamera EOS memperlihatkan hal ini lebih jelas (lihatlah tabel di bawah).

Meskipun demikian, angka-angka ini tidak boleh dibaca begitu saja, perlu dibandingkan dengan perkembangan pengurangan noise dan peningkatan kecepatan proses. Oleh karena produsen kamera mampu mengurangi tingkat noise, mereka pun sebenarnya juga mampu menurunkan ukuran pixel sehingga jumlah pixel yang berdesakkan di luas sensor terbatas pun meningkat. Sebagai contoh,


Canon EOS 7D, yang diluncurkan di bulan September 2009, memiliki ukuran pixel hanya 4.3pm, tapi tidak menghasilkan lebih banyak noise daripada model dengan ukuran pixel yang lebih besar.

Recommended Author


Badan kamera dan lensa

Ingatlah bahwa lensa Canon memiliki rancangan dudukan berbeda: Dudukan standar EF dan dudukan EF-S. Yang terakhir berlaku untuk lensa khusus kamera Canon bersensor 1.6x crop APS-C, dan tidak bisa digunakan pada kamera bersensor 1.3x crop atau kamera full-frame. Tentunya, ini perlu Anda pertimbangkan jika Anda berniat menggunakan dua kamera atau lebih. Sebagai tambahan, Canon dengan teguh memaksa untuk memindahkan tombol-tombol di antara model kamera, mengubah fungsi-fungsi yang ditetapkan ke dalam tombol tersebut, dan mengubah urutan menu, jadi tidak semudah

yang Anda bayangkan untuk bekerja dengan model kamera berbeda. Mungkin yang paling cocok dalam hal ini adalah EOS 40D dan EOS 50D, yang berbagi tata letak dan menu yang hampir sama.

Pertimbangan yang lain

Kamera mana yang Anda pilih untuk dibeli tergantung dari bagaimana Anda akan menggunakannya. Amatilah daftar fitur berikut ini, buatlah daftar fitur Anda sendiri yang harus Anda miliki kemudian bandingkanlah dengan spesifikasi setiap kamera di buku ini. Proses ini tentunya akan menempatkan Anda di satu atau dua kategori: yang memilih menggunakan fitur otomatis hampir setiap waktu, atau yang tidak akan menggunakannya fitur otomatis sama sekali. Apa pun kategori yang Anda pilih, Anda tidak bisa lepas dari fakta bahwa Anda akan membayar untuk fungsi yang mungkin Anda tidak akan pernah Anda gunakan.


Demikian tadi artikel tentang Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kamera. Dan jika anda memliki pertanyaan Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kamera ini ataupun anda ingin sharing informasi silahkan berkomentar melalui disqus di bawah dan jangan lupa like fanspage, Subscribe Youtube channel kami di samping artikel ini, jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Baca Juga Artikel Tentang Perbedaan Format RAW dan JPEG Dalam Fotografi DI SINI
Related Keyword: kamera dslr terbaik dan murah, kamera mirrorless untuk pemula 2018, kamera mirrorless termurah, tips membeli kamera dslr, kamera mirrorless terbaik untuk pemula, kamera mirrorless untuk traveling, kamera mirrorless terbaik untuk pemula
Reaction:

BabaK BeluR Channel Merupakan Sumber Informasi dan Pengetahuan Serta Sarana Untuk Membangun Masyarakat Yang Gemar Membaca Sehingga Menjadikan Masyarakat Gemar Menulis

Disqus Comments

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info