Belajar Fotografi Mengenal Diagram Histogram

Pembahasan Artikel BabaKBeluR.com kali ini, Cara Mengenal Diagram Histogram Kamera DSLR Terbaru

Diagram Histogram

Histogram yang ada di kamera digital menampilkan representasi grafis dari tonalitas (distribusi gelap terang) sebuah gambar. dengan memahami dan melihat histogram sebuah gambar, maka kita bisa mengetahui dengan cukup akurat, apakah gambar tersebut bernuansa gelap, terang atau merata.

Histogram menjadi penting karena layar LCD kita terkadang tidak akurat. contohnya, saat kita berada di bawah matahari yang sedang bersinar dengan terik. di situasi itu layar LCD kita sulit dilihat karena pantulan cahaya. demikian pula jika berada di ruangan yang gelap, gambar yang ditampilkan di LCD biasanya terlihat lebih terang dari hasilnya.

area dalam histogram biasanya terbagi atas tiga bagian. bagian yang paling kiri menandakan bagian shadow/ bayangan atau bagian yang gelap. bagian yang tengah menandakan bagian mid-tone/ sedang, dan bagian yang paling kanan menandakan bagian highlight (terang).


Jika kita melihat konsentrasi di bagian kiri tinggi, berarti foto tersebut bernuansa gelap, sebaliknya jika konsentrasi di bagian kanan tinggi, berarti foto tersebut bernuansa terang.

Recommended Author


Di kamera yang agak canggih, kita bahkan bisa melihat histogram dari distribusi tonal warna selain tonal hitam putih.

Dengan melihat histogram, kita bisa mengubah pengaturan exposure kamera untuk mendapatkan gambar yang lebih ideal sesuai dengan harapan kita. Misalnya, apabila kita melihat daerah di bawah kurba terlalu banyak di bagian kiri atau kanan, kita bisa mengatur exposure baik secara manual atau menggunakan fungsi kompensasi eksposure.

Clipping



Konsep clipping berasal dari teknologi pemrosesan sinyal, sampai hari ini, sensor imaji digital tidak bisa menangkap semua rentang terang-gelap. jika batasnya sudah terlampaui, sensor hanya akan mengambil sejumlah data dan meng "clip" (memotong) yang berlebihan. akibatnya informasi detail di bagian terang atau gelap menjadi hilang.

Highlight Alert/ Blinkies

Ada kamera digital yang memiliki fitur higlight warning yang bisa membantu kita mengetahui apakah ada bagian dari foto kita yang terlalu terang sehingga kehilangan detail. kita bisa mengaktifkan highlight blinkies di dalam menu. cara melihat highlight alert berbeda di tiap merek/ tipe kamera. di sebagian besar kamera, kita bisa memunculkannya dengan menekan tombol display/ DISP. atau INFO berulang kali. bisa juga dengan menekan tombol panah atas (khusus kamera nikon). daerah gambar kita yang terlalu terang akan berkedap kedip.


Memahami Exposure

memahami exposure adalah ilmu sangat mendasar dalam fotografi. memahami konsep ini merupakan langkah dasar setiap orang untuk belajar fotografi. dengan emahami konsep ini, kita dapat mengatur terang gelap hasil foto kita sesuai keinginan kita dan tidak tergantung pada kamera. selain itu, kita bisa membuat efek kreatif seperti memuluskan aliran air atau membuat latar belakng blur. setelah memahami teori pencahayaan, kita lanjutkan dengan mengenal alat fotografi, kamera, lensa dan aksesoris.

Pelajari Juga Artikel Dalam Mengenal Kompensasi dan Fungsi Exposure Pada Kamera DSLR DI SINI
Related Keyword: cara setting histogram pada dslr, cara membaca diagram histogram, cara menghilangkan histogram di kamera canon, histogram yang baik, cara membaca histogram, apa itu histogram pada kamera, histogram fotografi
Reaction:

BabaK BeluR Channel Merupakan Sumber Informasi dan Pengetahuan Serta Sarana Untuk Membangun Masyarakat Yang Gemar Membaca Sehingga Menjadikan Masyarakat Gemar Menulis

Disqus Comments

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info